PENGARUH IKLIM ORGANISASI MENURUT UANG77

PENGARUH IKLIM ORGANISASI MENURUT UANG77

Iklim organisasiyang kondusif dapat memberikan dampak positif bagi kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh UANG77, terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim organisasi terhadap kinerja karyawan.PENGARUH IKLIM ORGANISASI MENURUT UANG77

Iklim organisasi merupakan suasana internal lingkungan organisasi yang dirasakan oleh para anggota organisasi selama mereka beraktivitas dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Aspek-aspek iklim organisasi yang mempengaruhi kinerja karyawan mencakup struktur organisasi, teknologi organisasi, serta kebijakan dan praktik manajemen.

Penelitian

yang dilakukan pada karyawan PT. Taspen Cabang Manado menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh sebesar 65,61% terhadap kinerja karyawan. Hal ini berarti peningkatan atau penurunan kinerja karyawan sangat tergantung pada iklim organisasi yang tercipta di perusahaan tersebut. Faktor-faktor iklim organisasi seperti struktur tugas, hubungan imbalan-hukuman, sentralisasi keputusan, tekanan pada prestasi, dan keterbukaan organisasi terbukti memiliki korelasi yang signifikan dengan kinerja karyawan.

Selain itu

penelitian lain pada karyawan Klinik Laboratorium Prodia Cabang Menteng Jakarta juga menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh terhadap stres kerja dan perilaku kewargaan organisasi karyawan. Iklim organisasi yang kondusif dapat mengurangi stres kerja dan meningkatkan perilaku kewargaan organisasi, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada kinerja karyawan.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa iklim organisasi yang baik, yang ditandai dengan struktur, teknologi, kebijakan, dan praktik manajemen yang mendukung, terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan dalam suatu organisasi.

Contoh Penelitian

Penelitian yang dilakukan pada PT. Timor Sejahtera Kupang menunjukkan bahwa iklim organisasi dan komitmen organisasional memiliki hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim organisasi yang positif dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan cara meningkatkan motivasi dan komitmen karyawan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja karyawan sangat signifikan. Iklim organisasi yang positif dapat meningkatkan motivasi, komitmen, dan kepuasan kerja karyawan, sehingga kinerja karyawan juga meningkat. Oleh karena itu, penting bagi organisasi untuk menciptakan iklim organisasi yang positif dengan cara meningkatkan kualitas kepemimpinan, kepercayaan, komunikasi, dan perasaan

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *